Enjang Sarip : Guru IPA Berprestasi Asal Purwakarta

Enjang Sarip (Kanan) berfoto bersama Kepala P4TK IPA, Enang Hamidi setelah dinobatkan menjadi peserta terbaik Diklat (sumber : istimewa)

ayoguru.com-Sains merupakan bagian hidup yang tidak terpisahkan dari diri Enjang Sarip, Guru SMPN 1 Sukatani – Purwakarta. Hingga, kecintaannya terhadap sains berbuah manis. Ia mendapatkan banyak prestasi dari bidang ini.

Ayoguru berkesempatan mewawancarai salahsatu guru berprestasi di Kabupaten Purwakarta ini, Kamis (04/03). Dia menuturkan, sudah lebih dari 10 tahun dirinya menanggung profesi sebagai guru. Perjalanannya bermula di tahun 2004. Ia melakoni peran sebagai guru honorer terlebih dahulu. Hingga, di kemudian hari, ia pun menjadi salahsatu guru yang beruntung karena bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Enjang Sarip (kedua dari kanan) berfoto bersama Kadisdik Purwakarta, H. Purwanto setelah pengumuman juara lomba Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tingkat Kabupaten (sumber : istimewa)


“Saya mulai mengajar di tahun 2004. Menjadi guru honorer selama 10 tahun. Baru di tahun 2014 saya diangkat menjadi PNS,” katanya.

BERCITA-CITA JADI GURU & CINTA SAINS

Enjang adalah lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) jurusan pendidikan teknik elektro. Sedari kecil, singgungnya, ia memang bertekad kuat menjadi seorang guru. Sehingga, tidak mengherankan, ketika ada kesempatan menjadi guru, ia tidak berpikir panjang lagi.

“Saya dari semenjak SD ingin menjadi guru. Alhamdulillah, di kemudian hari, datang pula kesempatan dimana saya mendapatkan posisi sebagai guru yang mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” katanya.

Mengajar IPA, sambungnya lagi, juga termasuk “panggilan diri”. Ia mengaku sangat mencintai sains. Tak pelak, kecintaannya itu ia refleksikan dengan mengajar sains.

“Dengan sains, kita bisa mengetahui fenomena alam. Bisa memprediksi (fenomena) yang akan terjadi. Lalu, bisa juga memecahkan masalah dengan penalaran logis,” ungkapnya.

Tidak cukup dengan sekadar mengajar, kecintaan terhadap sains pun ia buktikan dengan banyak prestasi di bidang yang dicintainya itu. Ada banyak pencapaian yang telah ia peroleh selama ini. Diantaranya, yang terdekat, ia sanggup menjadi peserta terbaik pada diklat guru inti PKB Jawa Barat, Banten dan Jawa Tengah yang diselenggarakan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik & Tenaga Pendidikan – Ilmu Pengetahuan Alam (P4TK IPA) di tahun 2019 lalu.

Alhamdulilah, saya bersyukur mendapatkan prestasi itu. Bisa memberikan kontribusi untuk Kabupaten Purwakarta dengan menunjukkan diri sebagai yang terbaik,” cetusnya.

Selain prestasi itu, ada banyak capaian yang berhasil Enjang raih, yaitu antara lain :

1. juara 1 OGN(Olimpiade Guru Nasional) IPA tingkat Kab. Purwakarta.

2. Lolos dalam seleksi Penulis Soal Nasional IPA Fisika SMP Kemdikbud, sehingga dari tahun 2018-2020 menjadi penulis soal Nasional.

3. Terpilih menjadi 5 orang Penelaah soal Nasional IPA Fisika SMP Pusmenjar kemdikbud RI.

4. Menjadi peserta terbaik ke 1 diklat Pembina Ekstrakur bidang IPA angkatan 1 yang diselenggarakan oleh p4tk ipa Bandung tahun 2020.

5. Menjadi Instruktur kurikulum 2013,Guru inti, ketua MGMP IPA SMP/MTs Kab Purwakarta.

6. Menjadi pionir penyelenggaraan Science Camp 2018 dan 2019 di kab. Purwakarta.

Ia mengaku berkomitmen tinggi membagikan kecintaannya terhadap sains kepada siswa pada khususnya. Dengan segala manfaat yang bisa didapat dari sains, para siswa semestinya punya minat lebih.

“Banyak manfaat yang bisa didapat dari sains. Semestinya siswa bisa lebih punya minat terhadap bidang ini. Saya bertekad berjuang sebisa mungkin agar siswa mencintai sains. Bahwa sains itu mudah. Bahwa ia bisa dipelajari dari kehidupan sehari-hari,” begitu tukasnya. (Wid)