Guru Penggerak Ekologi

Ayoguru.com | Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta terus tancap gas melakukan berbagai upaya dalam merealisasikan program Tatanen di Bale Atikan. Setelah launching oleh Bupati Purwakarta Ambu Hj. Anne Ratna Mustka pada tanggal 21 Januari 2021, kini Disdik yang bekerjasama dengan Ikatan Alumni (IKA) UPI Komisariat Purwakarta sedang melakukan pelatihan untuk pelatih (PUP) yang dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 1-7 Februari 2021.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan guru penggerak ekologi yang nantinya akan disebar ke tiap sekolah dan gugus untuk menjadi narasumber kegiatan In House Training (IHT) sekolah-sekolah dalam rangka implementasi program tatanen di bale atikan dengan Fasilitator Moch Irvan Evrizal dari Self Learning Institute.

Acara Pelatihan Untuk Pelatih (PUP) Guru Penggerak Ekologi dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta Dr. H. Purwanto, M.Pd. dalam sambutannya Kadisdik menyampaikan bahwa implementasi progran tatanen bukan sekedar berkebun disekolah melainkan menciptakan proses pembelajaran dan pendidikan yang terintegrasi antara alam lingkungan dengan seluruh warga sekolah. Progran ini harus berjalan secara sistematis dan terukur sesusi dengan panduan yang telah dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta.

Adapun materi yang disampaikan kepada guru penggerak ekologi ini adalah terkait Konsep Dasar, Desain Pembelajaran dan prosedur/mekanisme teknis pelaksanaan tatanen di bale atikan. Tujuan pelatihan ini membekali pemgetahuanndan keterampilan kepada guru penggerak ekologi sebagai bahan menjadi instruktur di sekolah-sekolah atau gugus ditiap kecamatan. (Red)