Guru & Tenaga Kependidikan 35+ Tuntut Jadi PNS Tanpa Tes

Ayoguru.com—Seleksi terbuka rekrutmen P3K kategori guru tahun 2021 mendapatkan sorotan keras, lebih khusus dari kalangan guru dan tenaga kependidikan honorer berusia 35 lebih (35+). Banyak tuntutan yang muncul, diantaranya bahkan mosi pengangkatan menjadi PNS tanpa tes.

Dilansir dari liputan6.com, beberapa waktu lalu, Ketua Umum Komite Nasional Aparatur Sipil Negara (KNASN), Lian Sani meminta Pemerintah untuk bisa mengangkat guru dan tenaga kependidikan honorer usia 35+ menjadi PNS tanpa tes. Dengan kata lain, kategori usia ini tidak perlu masuk jalur P3K, tetapi langsung diangkat menjadi PNS atas dasar pengabdian yang telah mereka selama ini.

“Guru dan tenaga kependidikan usia 35+ umumnya telah mengabdi puluhan tahun. Sementara, masa pengabdian sudah akan berakhir. Karena itu, kami meminta kalangan ini untuk diangkat langsung saja menjadi PNS tanpa harus dijadikan P3K. Terlebih, banyak yang tidak sanggup bersaing dengan guru-guru muda yang baru lulus,” katanya.

MINTA PRESIDEN TERBITKAN KEPRES PENGANGKATAN PNS TANPA TES 

Adapun mekanisme yang dapat ditempuh agar guru dan tenaga pendidikan usia 35+ bisa menjadi PNS tanpa tes, lanjut Lian, adalah lewat payung hukum Keputusan Presiden (Kepres).

“Banyak dari kami yang sudah mengabdi lebih dari 23 tahun. Pengabdian sudah lama dan segera berakhir masanya. Kami ingin diangkat menjadi PNS tanpa tes dan cara yang paling mungkin adalah lewat Kepres,” demikian tegasnya. 

Diketahui, tahun ini Pemerintah rencananya membuka kuota sebesar satu juta untuk P3K kategori guru. Meskipun kuota terbilang besar, format seleksi terbuka mendapatkan tentangan berarti. Terlebih dari kalangan guru dan tenaga kependidikan 35+ yang khawatir jika harus berkompetisi dengan guru-guru muda. (Wid)