Nadiem : Kesuksesan Belajar di Rumah Tergantung Orang Tua

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) (sumber : dara.id)

ayoguru.com—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud-RI), Nadiem Makarim menegaskan bahwa kesuksesan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar dari rumah tergantung pada orang tua siswa.

Mendikbud RI, Nadiem Makarim (sumber : google)

Dilansir dari detik.com, pernyataan itu ia sampaikan pada kesempatan webinar seputar PJJ, kemarin (06/02). Menurutnya, orang tua memegang peranan penting dalam praktek PJJ.  Jika orang tua telaten mengawasi anaknya untuk belajar, maka besar kemungkinan PJJ akan sukses. Begitupun sebaliknya.

“Mengenai partisipasi orang tua, ini merupakan suatu hal yang penting. Dari observasi yang saya lakukan, yang membedakan PJJ sukses apa tidak itu sebenarnya orang tua. Jadi, tergantung apakah orang tua telaten mendampingi atau tidak,” katanya seperti dikutip detik.

Masalahnya, lanjut Nadiem, Kemendikbud RI tidak mempunyai kewenangan untuk mengatur orang tua siswa. Sehingga, perlu dicarikan solusi agar orang tua siswa semakin sadar peranannya dalam praktek PJJ.  Diantaranya, dengan melibatkan mereka dalam webinar yang difasilitasi guru atau kepala sekolah. “Jadinya, saya menganjurkan semua guru dan kepala sekolah melakukan webinar yang melibatkan orang tua. Maksudnya, adalah untuk menjelaskan peranan mereka dalam PJJ. Pendampingan mereka terhadap anak sangat penting. Orang tua tidak perlu menguasai materi pembelajaran. Tapi, anaknya didukung secara emosional. Ditanyakan hari ini belajar apa, didampingi, dipastikan penggunaan gadget-nya itu terkontrol,” demikian runutnya. (Dtk/Wid)