Presiden Tanda Tangan PP Standar Pendidikan Nasional

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (sumber : google.com)

ayoguru.com—Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) No. 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). PP ini dipandang penting sebagai upaya menjaga standar mutu pendidikan Indonesia.

Dilansir dari laman Detik,  Presiden Jokowi belum lama ini menandatangani PP Standar Nasional Pendidikan. Lewat PP ini maka ada standar-standar tertentu yang harus dipastikan dalam penyelenggaraan pendidikan.

Diantaranya, termaktub dalam Pasal 3, standar nasional pendidikan mencakup standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar tenaga kependidikan, standar sarana dan pra-sarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan.

Hal lain yang juga diatur adalah soal kualifikasi pendidikan. Disebutkan, bahwa kualifikasi Sarjana ditempatkan untuk jenjang pendidikan anak usia dini jalur formal, jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal. Sedangkan jenjang pendidikan tinggi strata diploma dan sarjana, kualifikasi pendidik harus memenuhi standar minimal magister atau magister terapan.

“Magister atau magister terapan berpengalaman kerja minimal dua tahun yang relevan dengan program studi untuk pendidik pada pendidikan profesi,” sebagaimana dikutip Detik.

Tidak ketinggalan, PP Standar Nasional Pendidikan memuat aturan standar kurikulum. Dijelaskan, pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. “Kurikulum pendidikan dasar dan menengah diwajibkan memuat pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, sosial, seni dan budaya, pendidikan jasmani dan olahraga, keterampilan, kejujuran, serta muatan lokal,” demikian seperti dikutip Detik. (Wid)