Siswa Terdampak Bencana, Kadisdik Purwakarta Pastikan Respon Cepat

Kadisdik Purwanto & H. Dedi Mulyadi di tengah puingan bangunan rusak akibat longsor (sumber : istimewa)

ayoguru.com-Siswa Sekolah Dasar (SD) di lokasi bencana longsor Kec. Tegalwaru turut terdampak bencana. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto memastikan pihaknya merespon cepat.

Ditemui di lokasi bencana longsor, Ds. Cisarua – Kec. Tegalwaru, Selasa (23/02) petang, H. Purwanto menuturkan bahwa pihaknya hingga saat ini masih terus mengumpulkan data terkait warga sekolah yang terdampak bencana.

Kadisdik Purwakarta (Kanan), H. Purwanto bersama Wakil Ketua Komisi X DPR-RI, H. Dedi Mulyadi meninjau langsung situasi di lokasi bencana (sumber : istimewa)

“Data terus kami kumpulkan dan di-identifikasi. Dari informasi yang kami terima sementara ini, tidak ada guru yang terdampak. Sedangkan untuk siswa, yang kami terima baru dari jenjang SD saja,” katanya.

Ia melanjutkan, siswa yang terdampak adalah dari SDN 1 Pasanggrahan. Total jumlah siswa terdampak adalah 28 orang.

“Para siswa mayoritas sudah diungsikan dari rumah. Mereka kebanyakan pindah sementara ke rumah kerabat,” ungkapnya.

PASTIKAN RESPON CEPAT

Kadisdik Purwanto menegaskan bahwa pihaknya berupaya merespon cepat situasi yang terjadi disana, lebih khusus untuk siswa yang terdampak.

“Kita telah mengamati kondisi di lapangan. Memang faktor eksploitasi alam, diduga jadi pemicu pergeseran tanah disaat hujan besar datang. Kami lihat ada 117 rumah rusak berat dan 525 jiwa mengungsi. Ada 28 anak SD yang rumahnya hancur dan tinggal di tenda-tenda dan gubug sementara. Kita akan pastikan anak-anak ini terjaga psikisnya dan tetap mendapatkan layanan pembelajaran. Mudah-mudahan rencana relokasi bisa berjalan cepat,” runutnya. (Wid)