Sri Mulyani : “Penelitian Kalah Oleh Grup WA!”

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani (sumber : google)

Ayoguru.com—Kemajuan teknologi berimplikasi serius terhadap pendidikan. Biasnya seringkali tak terduga. Bahkan, sekelas hasil penelitian bisa kalah oleh opini di grup Whatsapp (WA).

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI), Sri Mulyani. Dia menuturkan, informasi yang tersebar di grup WA mudah dipercaya oleh masyarakat, termasuk generasi muda. Padahal, informasi atau ilmu yang diberikan melalui WA belum tentu benar.  

Ilustrasi grup WA (sumber : google)

“Ilmu bukan dari WA grup. Sekarang para dosen berkompetisi dengan WA grup. Mau dosen yang panjang penelitian, tapi kalau ada WA grup justru yang terakhirlah yang jauh lebih dipercaya oleh mahasiswa. Padahal, membuat penelitian itu tidak mudah. Tapi, ya itu lah fenomena teknologi,” katanya dilansir okezone, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Sri menegaskan bahwa fenomena ini tidak lepas dari urusan cara pandang (mindset) seseorang. Perlu perbaikan mindset, lebih khusus generasi muda, untuk Indonesia yang lebih baik.

“Untuk membentuk mindset dan karakter seperti itu tidak bisa dengan sendirinya. Apalagi, diserbu dengan berbagai macam informasi dan pengaruh yang sekarang ini sangat beragam sekaligus massif akibat pertumbuhan teknologi informasi yang cepat,” tegasnya.

Meski begitu, ia mengaku bertekad kuat membangun generasi muda yang punya cara pandang brilian. “Saya ingin membangun generasi yang selalu berpikir untuk ikut membangun negara meskipun saya tahu sendiri bahwa untuk mewujudkannya bukan hal mudah,” pungkasnya. (OK/Wid)