Tantangan Besar : Mayoritas Penduduk Indonesia Tamatan SMP

Tes penerimaan kerja di suatu perusahaan (sumber : google)

ayoguru.com-Tantangan zaman semakin ‘keras’. Agar bisa bersaing di tingkat global dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Masalahnya, hingga saat ini, indikator pendidikan SDM Indonesia mayoritas masih tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sementara, lulusan Perguruan Tinggi relatif masih minim.

Ulasan tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kependudukan & Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam kesempatan webinar, Hasto Wardoyo, beberapa waktu lalu. Dilansir Sindonews, Hasto menuturkan bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah tamatan SMP/sederajat yaitu sebesar 65%. Sementara, lulusan perguruan tinggi atau kuliah hanya 8,5% dari jumlah total penduduk.

Kepala BKKBN Indonesia, Hasto Wardoyo (sumber : google)

“Dan perlu disampaikan juga, tingkat kecerdasan anak Indonesia berada di urutan 72 dari 78 negara,” imbuhnya.

TANTANGAN MENGHADAPI ERA 4.0

Kondisi seperti demikian, singgung Hasto, menjadi tantangan tersendiri–terlebih dalam menghadapi era 4.0 yang tengah bergulir. Sebab, sains dan teknologi menjadi hal yang krusial.

“Menghadapi era 4.0, diperkirakan 75% pekerja melibatkan kemampuan sains dan teknologi. Kita tentu harus menyiapkan infrastruktur dan juga baik hard infrastruktur maupun soft infrastruktur dan juga regulasi-regulasi tersebut,” katanya.

Pendidikan, lanjutnya, menjadi faktor penting dalam pembentukan SDM. Dengan latar belakang pendidikan yang memadai, maka SDM yang akan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Pendidikan Indonesia, harus mempersiapkan SDM yang mampu bersaing dalam menghadapi tantangan global. Dan juga penyelenggaraan dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja secara digital harus kemudian disesuaikan,” begitu ungkapnya. (SN/Wid)