UN Ditiadakan, Siswa 2021 Bisa Lulus Dengan 3 Syarat Ini

ilustrasi pelaksaaan Ujian Nasional (sumber : google)

ayoguru.com—Ujian Nasional (UN) untuk tahun 2021 positif ditiadakan. Sebagai ‘ganti’, para siswa bisa lulus dengan tiga syarat yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

Dari sumber Kompas, belum lama ini Kemendikbud RI mengeluarkan Surat Edaran No. 1 Tahun 2021 tentang maklumat peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran virus Covid-19.  Surat tersebut ditanda-tangani Mendikbud RI, Nadiem Makarim, tertanggal 1 Februari 2021.

Mendikbud RI, Nadiem Makarim (sumber : google)

3 SYARAT LULUS SISWA 2021

Meskipun Ujian Nasional (UN) ditiadakan, kelulusan siswa tetap didasarkan pada pertimbangan logis—yang mengindikasikan kapasitas dan kompetensi siswa. Dalam hal ini, dirunut pada SE Mendikbud tersebut, ada 3 syarat kelulusan siswa, yaitu antara lain :

  1. Siswa harus menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.
  2. Siswa memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik.
  3. Siswa mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa ujian sekolah yang dimaksud ada empat bentuk, yaitu :

  1. Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya).
  2. Penugasan.
  3. Tes secara luring atau daring.
  4. Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Diketahui, hingga saat ini pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Rencana pembelajaran tatap muka yang diprediksi bisa terjadi di awal tahun 2021 terbukti gagal. Konsekuensinya, banyak teknis penyelenggaraan pendidikan yang tetap harus disesuaikan dengan kondisi yang berlaku. Termasuk, mekanisme ujian kelulusan siswa. (Kmps/Wid)